Putus Mata Rantai Penularan Covid-19, MAN 1 Malang lakukan PAT Secara Online

Dalam rangka mencegah penyebaran dan penularan corona virus disease (Covid-19), siswa siswi MAN 1 Malang melaksanakan Penilaian Akhir Tahun dalam jaringan (daring) secara online.

Di tengah pandemi global, kegiatan pendidikan harus tetap berjalan seperti biasa. Kegiatan pendidikan tetap dilaksanakan sesuai dengan kalender pendidikan tahunan yang sudah ditetapkan di awal tahun ajaran baru. Selain itu, pelaksanaan kegiatan pendidikan juga harus memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran dan penularan virus corona di lingkungan pendidikan. Atas dasar inilah MAN 1 Malang berinisiatif untuk mengkonversi kegiatan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring (dalam jaringan).

Berdasarkan kalender pendidikan yang diterbitkan oleh Kemeneterian Agama (Kemenag) RI, Madrasah mulai memasuki pekan Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada minggu pertama bulan mei. Mengingat pentingnya pelaksanaan pendidikan sesuai dengan kalender akademik, maka MAN 1 Malang melaksanakan kegiatan PAT secara online. Kegiatan PAT ini dilakukan sejak tanggal 2 sampai 11 Juni 2020. Pelaksanaan PAT secara online ini sebenarnya bukan yang pertama kali dilakukan di MAN 1 Malang melainkan sudah dilakukan selama 2 tahun. Berbeda dengan tahun ajaran yang lalu, PAT online yang dahulu dilaksanakan di dalam ruangan kelas madrasah, kali ini dilaksanakan di rumah masing-masing siswa. Pelaksanaan PAT online kali ini bertujuan agar tidak terjadi penyebaran dan penularan virus corona di lingkungan madrasah.

“Alhamdulillah pelaksanaan PAT 3 hari ini berjalan sesuai dengan rencana, walaupun ada sedikit kendala dari siswa yang disebabkan karena kurang bagusnya jaringan internet di tempat tinggal siswa, sehingga siswa tidak bisa mengikuti PAT online. Harapan saya, siswa bisa mengerjakan soal PAT dengan jujur dan ke depan ada perbaikan dari sisi pelaksanaan sehingga bisa lebih sukses lagi dari sisi ketercapaian target pencapaian kurikulum.” Ujar Bapak Pa’is selaku wakil kepala kurikulum MAN 1 Malang.

Segala upaya dilakukan oleh madrasah agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik meski sedang berada di tengah pandemi. Seiring dengan itu selain memperhatikan pelaksanaan kegiatan pembelajaran, madrasah juga berkomitmen penuh untuk berkontribusi dalam memutus mata rantai penularan covid-19 terhadap warga madrasah di lingkungan pendidikan. *admin



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *