MAN 1 Malang Distribusikan Hewan Kurban Ke 6 Msuhola

man1malang.sch.id – Panitia Idul Adha MAN 1 Malang menyerahkan hewan kurban ke mushola-mushola sekitar MAN 1 Malang. Upaya ini dilakukan agar daging Kurban dapat tersalurkan kepada masyarakat sekitar melalui mushola tersebut. Sejumlah 7 ekor kambing diserahkan kepada pihak mushola pada 30/8 oleh MAN 1 Malang diwakili oleh panitia Idul Adha tahun  2020.

Suasana Idul Adha kali ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya pelaksanaan Idul Adha kali ini berlangsung di tengah masa pandemi. Meskipun begitu, tradisi pelaksanaan beberapa kegiatan untuk menyambut Idul Adha ini tetap berlangsung sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Idul adha merupakan momen bagi umat Islam untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan cara berkurban dan bersedekah kepada orang lain. Agar tidak melewatkan pahala kurban tersebut MAN 1 Malang juga turut menyembelih hewan kurban serta menyedekahkan hewan kurban untuk masyarakat sekitar. Pelaksanaan kegiatan Idul Adha di MAN 1 Malang kali ini memang sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun lalu penyembelihan seluruh hewan kurban dilakukan di MAN 1 Malang, kemudian daging yang telah disembelih didistribusikan kepada masyarakat sekitar. Akan tetapi tahun ini sebagian hewan kurban didistribusikan langsung ke mushola-mushola sekitar untuk disembelih di sana. Pada kamis 30/7 panitia Idul Adha menyerahkan 6 hewan kurban ke 6 mushola sekitar madrasah yang tidak mampu terjangkau oleh pembagian hewan kurban dari madrasah. Penyerahan hewan kurban ini diwakili oleh panitia Idul Adha serta Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MAN 1 Malang.

Hamim Muhtadi selaku ketua panitia Idul Adha kali ini  memberikan catatan kepada kita semua bahwa kurban adalah ibadah yang diperintahkan Allah yang memuat dua dimensi sekaligus yakni vertikal dan horizontal. Secara vertikal kurban dimaknai sebagai bentuk pengorbanan seorang hamba untuk memberikan yang terbaik yang dimiliki. Sedangkan secara horizontal kurban dimaknai sebagai bentuk kasih sayang manusia kepada sesama manusia lainnya.

“Madrasah memilih mushola masyarakat sekitar madrasah adalah karena merekalah tetangga kita. Rasulullah memerintahkan kita menghormati sesame muslim, akan tetapi muslim yang sekaligus tetangga adalah harus lebih kita utamakan, kita prioritaskan daripada muslim yang lain. Selain itu, kurban ini merupakan satu momen dimana madrasah bisa memberikan apresiasi kepada masyarakat sekitar atas dukungannya selama ini.” Ucap Hamim Muhtadi

Tentu kita semua berharap pandemi ini segera berakhir agar semuanya bisa kembali normal seperti sedia kala.*admin



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *