MAN 1 MALANG GUNAKAN MEDIA RAMAH LINGKUNGAN UNTUK MEMBAGI DAGING KURBAN

Man1malang.sch.id – Dalam rangka berkontribusi untuk pemulihan bumi, MAN 1 Malang membagikan daging qurban dengan menggunakan media yang ramah lingkungan. Upaya ini dilakukan berdasarkan atas komitmen madrasah sebagai madrasah adiwiyata, yang mana MAN 1 Malang ingin menumbuhkan budaya warga madrasah yang cinta dan peduli terhadap lingkungan. Proses distribusi daging kurban kepada warga madrasah serta masyarakat sekitar dilakukan oleh OSIS MAN 1 Malang dengan menggunakan media kotak yang berbahan dasar bambu atau yang sering disebut dengan “besek”.

Islam mengajarkan umat muslim agar tidak berbuat kerusakan di muka bumi. Secara umum ada berbagai bentuk perilaku manusia yang dapat merusak bumi, salah satunya adalah dengan memperbanyak penggunaan sampah anorganik yang keberadaannya sulit terurai. Sebagai madrasah, MAN 1 Malang tentu harus mengedepankan nilai-nilai Islam.  Untuk itu dalam momen kurban ini, momen dimana biasanya masyarakat lebih banyak mengkonsumsi plastik, MAN 1 Malang memilih media pengganti plastik sebagai pembungkus daging kurban yang tentunya ramah lingkungan. Selain menghindari perilaku pengrusakan bumi, upaya ini dilakukan juga untuk tujuan pembelajaran bagi siswa dan seluruh warga madrasah bahwa kita harus cinta dan peduli terhadap lingkungan.

Upaya ini didukung penuh oleh Bapak Khairul Anam selaku Kepala MAN 1 Malang. Beliau mengapresiasi bentuk-bentuk kegiatan madrasah yang meminimalisir penggunaan sampah yang tidak bisa didaur ulang maupun sampah yang tidak bisa terurai.

“Saya mendukung kegiatan pembagian daging kurban ini agar menggunakan media yang ramah lingkungan serta tidak memberikan efek pengrusakan pada bumi. Kita niatkan upaya kita ini tidak hanya sebagai bentuk sedekah kita kepada manusia tetapi juga pada bumi.” Kata Bapak Khairul Anam

Upaya serupa tentu juga akan dan telah dilakukan dalam seluruh kegiatan madrasah agar budaya ini dapat ditiru dan diterapkan oleh seluruh siswa dan warga madrasah dalam lingkungan sekitar masing-masing. *admin



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *