Pelaksanakan AKG, AKK, dan AKP di MAN 1 Malang

MAN 1 Malang – Kementerian Agama Kabupaten Malang melaksanakan kagiatan Asesmen Kompetensi Guru, kepala dan pengawas (AKG, AKK, AKP) di beberapa titik lokasi di wilayah Kementerian Agama Kabupaten Malang, salah satunya di MAN 1 Malang. Pada Kamis 19/11 kegiatan AKG, AKK dan AKP ini dilaksanakan dalam tiga sesi mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

AKG, AKK dan AKP ini merupakan terobosan baru di lingkungan pendidikan yang bertujuan untuk mengetahui tingkat dan gambaran informasi umum kompetensi guru kepala dan pengawas madrasah  berdasarkan pada standar  yang telah ditetapkan. Asesmen ini juga penting untuk memetakan sebaran dan kompetensi mereka  sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pembinaan dalam program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Sejumlah 250 peserta akan melakukan asesmen di MAN 1 Malang secara bergiliran sesuai jadwal yang sudah dicetak melalui akun simpatika masing-masing. Melihat kondisi pandemi yang masih berlangsung hingga hari ini, pelaksanaan asesmen dilakukan sesuai protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19. Sejumlah madrasah yang ditetapkan sebagai tempat asesmen harus menyediakan fasilitas berupa alat pengukur suhu dan tempat cuci tangan.

“Jadwal pelaksanaan asesmen dilakukan selama tiga hari terhitung mulai hari ini hingga Sabtu 21/11.” Ucap Ahmad Rizal Ilmi selaku proktor asesmen.

Jumlah keseluruhan soal yang harus dikerjakan oleh peserta asesmen sebanyak 60 soal dengan presentase soal perhitungan sebanyak 80%. Pais salah satu peserta asesmen menyatakan bahwa waktu yang disediakan belum memadai jika peserta harus menyelesaikan keseluruhan soal.

“Saya berharap semoga pelaksanaan kegiatan asesmen dapat berjalan lancar sesuai harapan dan semoga semua peserta mendapatkan nilai yang bagus” Kata Pais guru Matematika MAN 1 Malang.

Kegiatan asesmen ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru, kepala dan pengawas madrasah, sehingga dapat memberikan kontribusi untuk kemajuan kementerian agama baik di kabupaten maupun secara nasional. *adm



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *