MAN 1 Malang Raih Medali Emas dalam OPSI 2020

MAN 1 Kabupaten Malang – 5 siswa MAN 1 Malang mengikuti Olimpiade Pahlawan Sains Indonesia (OPSI) tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI). Dari pengumuman hasil kompetisi yang dirilis oleh penyelengara pada Minggu, 22 November 2020 5 siswa peserta kompetisi dari MAN 1 Malang satu di antaranya berhasil meraih medali emas, satu perak dan 3 buah perunggu. Olimpiade yang diselenggarakan secara online dalam skala nasional ini diikuti oleh lebih dari 1000 peserta di seluruh Indonesia.

Kian hari kian terlihat bakat dan prestasi siswa-siswi MAN 1 Malang dalam berbagai ajang kompetisi yang digelar dalam skala nasional. Hal ini ditandai dengan adanya semangat pantang menyerah siswa dalam mengikuti berbagai kompetisi yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga pendidikan sepanjang masa pandemi ini. Hari ini MAN 1 Malang kembali berbangga atas prestasi siswa-siswi MAN 1 Malang dalam OPSI yang diselenggarakan oleh POSI. POSI merupakan lembaga yang bergerak di bidang pelatihan olimpiade yang mana memberikan bimbingan dan pelatihan bagi siswa-siswi yang ingin berpartisipasi dalam kompetisi sains tingkat nasional. POSI secara mandiri mengadakan kompetisi dengan tema Olimpiade Pahlawan Sains Indonesia yang diselenggarakan secara online. Mata bidang yang dikompetisikan antara lain Matematika, Fisika, Biologi, Kimia dan Bahasa Inggris.

Dari lima bidang yang dikompetisikan, Muhammad Rifki Pratama dalam kompetisi mata pelajaran Fisika memperoleh medali emas, Sa’idatul Fikriah medali perak dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, Ovi Vidhia Ningrum medali perunggu mata pelajaran Geografi, Siti Fadilatul Rahmadani medali perunggu mata pelajaran Biologi dan Andika Candra Wahyu Bima Saputra medali perunggu dalam mata pelajaran Kimia. Siswa-siswi yang telah mengharumkan nama madrasah ke kancah nasional ini akan diberikan reward yang semestinya dari madrasah. Reward ini merupakan bentuk support madrasah terhadap siswa agar mereka senantiasa konsisten dan lebih bersemangat dalam belajar.

Muhammad Rifki mengaku senang dan tidak menyangka jika dirinya berhasil meraih juara dan medali emas dalam kompetisi kali ini. “Saya senang, bersyukur sekali dan tidak menyangka bisa mendapat juara dan medali emas, apalagi melihat saingan saya juga se-Indonesia dan pelaksanaan kompetisinya juga sangat ketat” kata Rifki.

Madrasah berharap bahwa sekian prestasi yang diraih oleh satu, dua dan sekian banyak siswa mampu menularkan semangat positif bagi siswa-siswi yang lainnya, agar semakin banyak siswa berprestasi yang lahir dari madrasah ini. *adm



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *