Pembukaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau biasa disebut PKB ini merupakan proses penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru baik pedagogik maupun profesional dalam melaksanakan tugas profesinya, serta memiliki performa sebagai pendidik dan pemimpin bagi peserta didiknya. Program PKB ini sangat penting karena dapat mengembangkan keterampilan instruksional dan pengetahuan terhadap konten pembelajaran yang bersangkutan.

Seperti yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Malang pada tanggal 25 Oktober 2021 kemarin. Kegiatan merupakan bentuk pembelajaran berkelanjutan bagi guru yang merupakan kendaraan utama dalam upaya membawa perubahan yang diinginkan berkaitan dengan keberhasilan siswa. Dengan demikian semua siswa diharapkan dapat mempunyai pengetahuan lebih, mempunyai keterampilan lebih baik, dan menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang materi ajar serta mampu memperlihatkan apa yang mereka ketahui dan mampu melakukannya. PKB mencakup berbagai cara dan pendekatan dimana guru secara berkesinambungan belajar setelah memperoleh pendidikan dan pelatihan awal sebagai guru.

Acara pembukaan yang dilaksanakan di MAN 1 Malang ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang Dr. Mustain, M. Ag. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan guru Madrasah Aliyah dari KKM Kabupaten Malang yang tergabung dalam MGMP Matematika, Kimia dan MGBK.

Setelah acara pembukaan yang dilaksanakan di aula MAN 1 Malang, peserta menuju kelas masing-masing sesuai dengan MGMPnya untuk menerima materi IN 1. Kegiatan PKB ini tidak berhenti sampai disitu saja, karena masih ada kegiatan berkelanjutan yang telah diagendakan untuk beberapa waktu ke depan.

Konsekuensi dari guru yang profesional adalah pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). Sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, PKB diakui sebagai salah satu unsur utama selain kegiatan pembelajaran atau pembimbingan dan tugas tambahan lain yang relevan dengan fungsi madrasah yang diberikan angka kredit untuk pengembangan karir guru khususnya dalam kenaikan pangkat/jabatan fungsional guru.

Harapannya melalui kegiatan PKB akan terwujud guru yang profesional yang bukan hanya sekedar memiliki ilmu pengetahuan yang kuat, tuntas dan tidak setengah-setengah, tetapi tidak kalah pentingnya juga memiliki kepribadian yang kuat dan siap menghadapi perubahan zaman.



Leave a Reply

Your email address will not be published.