Gebyar 2021, Tiga Peringatan dalam Satu Kemasan

MAN 1 Malang memiliki acara tahunan yang menjadi ciri khas di bulan Oktober, yaitu peringatan Bulan Bahasa. Sejak tahun 2015 peringatan Bulan Bahasa selalu dibarengkan bersama peringatan Hari Santri Nasional. Hal tersebut dikarenakan tanggal 22 Oktober diresmikan sebagai Hari Santri Nasional.

Peringatan Hari Santri Nasional pertama kali dicetuskan melalui penetapan keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015 yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo di Masjid Istiqlal Jakarta. Maka dari itu peringatan Bulan Bahasa yang biasanya berpuncak pada tanggal 28 Oktober disatukan dengan peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal yang berdekatan, yaitu tanggal 22 Oktober.

Untuk tahun ini MAN 1 Malang memeringati tiga acara sekaligus dalam satu waktu. Selain Bulan Bahasa dan Hari Santri Nasional, di bulan Oktober ini juga bertepatan dengan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang jatuh pada awal bulan Oktober.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam memeringati Bulan Bahasa tahun ini diadakan beberapa lomba seperti Cipta dan Baca Puisi, Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Arab dan juga lomba Nasyid. Namun, karena masih dalam suasana pandemi, rangkaian lomba tahun ini diadakan secara online. Lomba-lomba tersebut dikemas oleh OSIS MAN 1 Malang dan pesertanya merupakan perwakilan dari masing-masing kelas.

Puncak acara tiga peringatan hari besar ini dilaksanakan dua hari berturut-turut yaitu pada tanggal 28 dan 29 Oktober 2021. Hal ini dilakukan karena siswa yang melaksanakan pembelajaran tatap muka ke madrasah masih dibagi setengah sesuai dengan nomor absen ganjil dan genap.

Rangkaian acara Gebyar 2021 ini dibuka oleh Kepala MAN 1 Malang, Bapak Drs. Khairul Anam, M. Ag. Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan penampilan dari Gus dan Ning MAN 1 Malang yang merupakan duta madrasah dengan segala prestasi di bidangnya masing-masing. Selain itu, ada juga penampilan dari perwakilan finalis empat lomba yang telah diadakan sebelumnya. Dan seperti biasa, di Bulan Bahasa ini merupakan ajang siswa-siswi jurusan Bahasa untuk menampilkan karya terbaiknya dalam kolaborasi tiga angkatan. Acara ini ditutup dengan pembacaan sholawat bersama dan juga tausiyah oleh guru agama MAN 1 Malang.

Kegiatan seperti inj menjadi ajang untuk siswa-siswi MAN 1 Malang untuk berkreasi dan menunjukkan bakat-bakat mereka di luar prestasi akademik. Selain itu, juga menjadi sarana hiburan mereka setelah mengikuti penilaian tengah semester. Banyak harapan dari siswa-siswi MAN 1 Malang agar kegiatan ini bisa semakin variatif dan inovatif.



Leave a Reply

Your email address will not be published.