Akreditasi A Kembali dalam Genggaman

MAN 1 Malang meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah (BAN-SM). Akreditasi sekolah/madrasah merupakan kegiatan penilaian (asesmen) sekolah/madrasah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah.

Akreditasi ini bertujuan untuk menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah/madrasah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dan memperoleh gambaran tentang kinerja sekolah/madrasah.

Di tahun 2021 ini, MAN 1 Malang kembali memertahankan akreditasi A dengan nilai 93 yang ditetapkan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M).

Kepala MAN 1 Malang, Bapak Dr. Khairul Anam, M. Ag. merasa bersyukur atas pencapaian ini. “Alhamdulilah, prestasi ini patut disyukuri, karena memertahankan juga sesulit meraih. Merupakan anugerah dari Allah untuk seluruh civitas akademika MAN 1 Malang” ujarnya, Senin (22/11).

Akreditasi bagi institusi pendidikan merupakan hal penting. Sebab, menjadi bagian standardisasi kualitas pendidikan yang formal dan legal oleh BAN-SM. Dan menjadi tolak ukur baiknya tata kelola dari institusi tersebut.

Untuk meraih akreditasi A tersebut, diperlukan perjuangan dan kerja keras  untuk memenuhi sejumlah persyaratan yang berlaku. Mulai dari standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidikan dan tenaga pendidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan.

Dr. Khairul Anam, M. Ag. selaku Kepala MAN 1 Malang menambahkan, hasil akreditasi itu akan  memberikan dampak positif terhadap madrasah. Yakni meningkatnya kepercayaan masyarakat, para stakeholder dan akses pendidikan bagi alumni ke depannya.

Namun demikian, lanjut Bapak Khairul Anam, MAN 1 Malang tidak lantas berpuas diri atas pencapaian tersebut. Sebab, akreditasi A itu bukanlah akhir dari proses pengelolaan pendidikan. Melainkan penyempurna dan penyemangat untuk terus berbenah meningkatkan kualitas.



Leave a Reply

Your email address will not be published.