Muhammad Rifki Pratama, Meraih Empat Medali dalam Satu Bulan


Warga MAN 1 Malang sudah tidak asing dengan nama Muhammad Rifki Pratama. Siswa yang akrab disapa Rifki ini memiliki banyak prestasi. Hampir setiap bulan ia berhasil meraih kejuaraan.
Seperti akhir-akhir ini, Rifki berhasil meraih empat medali. Dua medali berhasil dia dapatkan dari Quantum Education Competition, satu medali dari kejuaraan yang diadakan INSTINCT, dan satu medali ia dapatkan dari POSI.
Dalam kompetisi yang diadakan Quantum Education Competition Rifki berhasil meraih medali emas dalam dua bidang mata pelajaran yaitu Fisika dan Geografi. Jadi ini merupakan satu kompetisi yang melombakan delapan pilihan mata pelajaran. Untuk mata pelajaran Fisika ada 54 peserta yang mengikuti kompetisi. Konsepnya ada satu babak, dengan mengerjakan 50 soal fisika dalam waktu 2 jam. Sedangkan untuk mata pelajaran Geografi, juga hanya berlangsung satu babak dengan total peserta 73, dan harus mengerjakan 60 soal pilihan ganda.
Untuk kejuaraan yang diadakan INSTINCT, Rifki berhasil meraih medali emas di Bidang Fisika. Untuk kejuaraan ini ada sekitar 38 peserta. Konsep lombanya terdiri dari dua babak, babak 1 merupakan babak penyisihan, dengan mengerjakan 50 soal pilihan ganda dalam waktu 2 jam. Babak 2 merupakan babak final yang harus mengerjakan 25 soal dalam waktu 1 jam live via zoom dan diawasi langsung oleh panitia penyelenggara.
Dan yang terakhir ia berhasil meraih medali emas dalam Future Scientist Olimpiad (FUSO) Tahun 2022 yang diadakan oleh POSI. Dalam lomba ini hanya ada 1 babak saja, ia harus mengerjakan 30 soal pilihan ganda dalam waktu 2 jam. Total peserta dalam kompetisi ini adalah 709 peserta.
Rifki menjadi inspirasi bagi peserta didik MAN 1 Malang yang lain. Di usianya yang baru akan menginjak 17 tahun ia sudah mengoleksi banyak prestasi dalam hidupnya. Hal tersebut menjadi sebuah kebanggaan tidak hanya bagi dirinya tetapi juga bagi madrasah tempatnya menuntut ilmu.



Leave a Reply

Your email address will not be published.