Sosialisasi Kurikulum Merdeka MA Kabupaten Malang

Kementerian Agama Kabupaten Malang melaksanakan Sosialisasi Kurikulum Merdeka. Kali ini bagi satuan pendidikan tingkat Madrasah Aliiyah. Sosialisasi diikuti oleh Kepala Madrasah, Waka Kurikulum dan juga Guru dari KKM MA se Kabupaten Malang.
Pemateri sosialisasi ini adalah Dr. Ahmad Hidayatullah, M. Pd. (Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia). Beliau menyampaikan gambaran umum terkait kurikulum merdeka.
Kegiatan Sosialisasi Kurikulum Merdeka dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 16 April 2022 bertempat di Aula Serbaguna MAN 1 Malang. Kegiatan sosialisasi ini dikuti oleh 205 peserta dari Madrasah Aliyah se Kabupaten Malang.
Tujuan Sosialisasi Kurikulum Merdeka adalah untuk mengenalkan kurikulum baru yang dapat membantu pemulihan pembelajaran yang merupakan lanjutan dari Kurikulum Masa Khusus Pandemi Covid-19 atau Kurikulum Darurat yang telah diluncurkan sebelumnya yaitu pada Agustus 2020 silam.
Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang, Dr. H. Mustain, M. Ag. dan dilanjutkan dengan paparan materi oleh Dr. Ahmad Hidayatullah, M. Pd.
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum berbasis kompetensi untuk mendukung pemulihan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) untuk mendukung pengembangan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
Kurikulum yang akan diterapkan pada tahun ajaran 2022-2023 mendatang ini merupakan kurikulum pilihan (opsional) yang di dalamnya terdapat beberapa perubahan. Tentunya memungkinkan para siswa dan guru lebih merdeka dalam belajar.



Leave a Reply

Your email address will not be published.