2020-03-03 - 2025-10-10
Creek Park
12:00:00

Details

  • Start: 2020-03-03
  • End: 2025-10-10
  • Cost: $59

Organizer

  • By John Smith

Perayaan  Aradhana Buntara MAN 1 Malang (ARATAMA ) ke XXIV,  Rabu (18/12) sangat meriah sekali. ARATAMA kali ini mengususng tema “Hayuning Jawi Warisaning Nagari”  dengan menghadirkan guest star  yang sedang naik daun dikalangan anak muda dengan lagu jawa, yakni Guyon Waton . Opening Ceremony dimulai dengan arak-arakan guru MAN 1 Malang diiringi para penari yang cantik dan gagah. Tepat pukul  08.00 WIB Bapak Drs. H. Khairul Anam, M.Ag.  secara resmi membuka acara ARTAMA ditandai dengan pemecahan kendil berisi bunga. Acara hari ini terlihat sangat meriah terbukti dari antusias siswa-siswi yang mengikuti acara dan banyaknya stand yang menjual berbagai macam makanan, kosmetik, dan aksesoris anak remaja sekarang. Selain itu, pelaksanaanya juga bekerja sama dengan berpakai sponsor seperti Wardah, Hydrococo, Kebon agung, Hajj Chiken, dan RM Rawit.

            Berbagai hiburan dipersiapkan sebelum guest star tampil,  dimulai dengan penampilan teater Laskar Santri yang membawakan lakon “Prahara di Bumi Tumapel,” para pemain sangat mendalami karakter dan tampil secara  totalitas yang membuat para penonton terpukau. Selanjutnya ada tampilan angkatan dimulai dari angkatan kelas X, XI, dan XII dikenal dengan angkatan “Diverso”. Setiap angkatan membuat persembahan berupa lakon dengan acting-acting yang memukau seperti lakon Ande-ande Lumut dan Bandung Bondowoso. Tidak kalah dengan Band papan atas, di MAN 1 Malang juga memiliki band lokal yang siap tampil menggebrak para penonton. Band tersebut sudah mendapat nama dihati pendengar karena pernah mendapat juara 1 pada lomba festival band di Malang Raya yaitu impresif band. Impersif band mempersembahkan suara emasnya dengan tiga lagu. Semua penonton sangat menikmati lagu yang dibawakan dan menyanyi bersama. Acara yang lain yaitu penampilan finalis Gus dan Ning MAN 1 Malang yang terdiri dari 10 finalis. Setelah proses seleksi ketat dan proses karantina akhirnya yang menjadi Gus MAN 1 malang tahun 2019/ 2020 yakni Sulton Hamdi (XI IPA 2) dan Ning Elva Nadia (XI IPA 1). Mereka berdua siap membawa MAN 1 malang menajdi lebih baik lagi. Selain itu, juga ada penampilan dari gus dan  ning yang sudah purna yang sekarang menjadi mahasiswa dan mahasiswi berprestasi di kampusnya seperti menjadi duta psikologi di Universitas Brawijaya, duta putri di Universitas Kanjuruhan Malang, putri hijab di Malang raya d.l.l. hal itu membuktikan bahwa alumi MAN 1 Malang adalah anak-anak yang berprestasi dan berbakat. Penampilan satu lagi yang menakjubkan dari siswa-siswi kreatif  dan inovatif MAN 1 Malang yaitu lomba Mandagi Recycle Festival (MRF), dimana mereka bisa mengubah sampah menjadi barang berharga. Setiap angkatan kelas X, XI, dan XII menampilkan tiga gaun daur ulang dari barang bekas atau sampah ada yang dari kardus bekas, botol bekas, kresek bekas d.l.l. Semua angkatan menampilkan gaun terbaiknya serta berlengak-lengok di atas catwalk. Akhirnya berdasarkan penilaian juri yang memenangkan lomba MRF juara 1 dan 2 angkatan kelas XII dan juara 3 angkatan kelas X.

            Pada jam 13.30 WIB acara puncak pun dimulai dengan guest star Guyon Waton. Semua penonton bersiap-siap di depan panggung. Siswa-siswi dari luar sekolah pun banyak yang datang, khususnya para alumni MAN 1 Malang. Meskipun semua siswa berdiri di depan panggung tetapi ada aturannya laki-laki dan perempuan tidak boleh bercampur. Cewek di sebelah kiri dan cowok disebelah kanan karena kita tetap menjunjung sopan santun madrasah.

            Pada saat vokalis Guyo Waton naik panggung semua penonton bersorak riuh menunjukkan kegembiraanya. Guyon Waton merupakan grup music yang berasal dari Yogyakarta berjumlah 7 personil dimana Arifin (gitar), Ferry (melody), Arga (ukulele), Andreas (ketipung), Yuli (Bass), Fauzan, dan Bagus (vocal) mampu tampil dengan spektakuler dan menghipnotis para kawula muda untuk bernyanyi bersama. Penampilan Bagus dkk, seakan-akan mengobati rindu para fans Guyon Waton. Beberapa lagu dipersembahkan untuk sobat ambyar. Setiap lagu yang dipersembahkan semua penonton bersorak dan bernyayi. Apalagi lagu yang berjudul Penak Konco dibawakan, semua penonton bersorak melambaikan tangannya. Sampai lagu yang terakhir sobat ambyar tetap antusias dan menikamati lagu-lagu yang dibawakan. Semua penonton puas dan bergembira menikmati alunan lagu Jawa yang memesona. Semoga ARATAMA tahun depan bisa menjadikan MAN 1 Malang lebih terdepan dalam prestasi dan pendidikannya sehingga bisa mencetak generasi milenial unggul dalam pendidikan dan berakhlakul karimah.