Kuatkan Karakter Guru, MAN 1 Malang Adakan Pelatihan Disiplin Positif

MAN 1 Malang mengadakan Pelatihan Penerapan Disiplin Positif bagi Guru selama tiga hari dimulai pada hari Senin 12 Desember 2022 sampai dengan Rabu 14 Desember 2022, bertempat di Aula MAN 1 Malang. Program ini merupakan kerjasama dan sinergi UNICEF, Kemenag, LPA, dan LPKIPI.

Kagiatan ini dibuka oleh Kasubag TU Kementerian Agama Kabupaten Malang, Bapak Sonhaji, S. Ag., M. H.  Pada sambutannya, beliau menyampaikan bahwa guru sebagai pendidik harus selalu menerapkan kedisiplinan. “Guru sebagai  pendidik memiliki derajat yang tinggi karena memiliki tugas mulia untuk membimbing anak-anak agar santun dan berwibawa,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala MAN 1 Malang, Dr. Khairul Anam, M. Ag. menyampaikan harapannya agar semua guru memahami penerapan disiplin positif. “Dengan pelatihan ini MAN 1 Malang  yang dikenal sebagai madrasah yang memiliki banyak program inovasi bisa semakin meningkatkan pendampingan peserta didik agar lebih nyaman dan aman selama ada di madrasah,” tuturnya.

Dalam pelatihan Dispo di MAN 1 Malang ini, ada tiga fasilitator yang sangat berkompeten di bidangnya dan juga telah banyak memiliki jam terbang dalam mengawal penerapan disiplin positif di sekolah. Beliau adalah Febri Hidayati, S. Pd., M. M. selaku Konsultan LPKIPI, Nanang Abdul Chanan.S. Sos. Pembina Yayasan Plato Surabaya, Fasnas KLA, Fasnas Dispo, dan Fasnas Layanan Cekatan, serta Jean Henry Souisa yang telah banyak memiliki pengalaman dalam pendampingan penerapan disiplin positif.

Pelatihan ini terbatas hanya diikuti oleh guru-guru pilihan di MAN 1 Malang. Ada 30 guru yang terpilih untuk mengikuti pelatihan ini. Hal tersebut dibatasi oleh UNICEF selaku penanggung jawab kegiatan Pelatihan Penerapan Disiplin Positif di Sekolah. Jumlah yang terbatas ini dimaksudkan agar pelatihan ini berjalan maksimal dan materi yang diberikan bisa tersampaikan dengan baik. Karena nantinya 30 guru terpilih ini mengemban tanggung jawab untuk membagikan ilmu yang didapat dari pelatihan ini kepada guru lainnya yang belum memiliki kesempatan mengikuti Pelatihan Penerapan Disiplin Positif.

Sebagai tindak lanjut dari pelatihan ini, MAN 1 Malang juga akan melaksanakan berbagai kegiatan yang mendukung pelaksanaan disiplin positif di madrasah untuk mewujudkan madrasah yang membuat peserta didik merasa aman dan nyaman berada di dalamnya. (en*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *