Latih Jiwa Entrepreneur Siswa Lewat P5 Kewirausahaan

MAN 1 Malang menyelenggarakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang ke 2. Acara ini dilaksanakan selama 3 hari pada Selasa  sampai dengan Kamis (20-22 Desember 2022). Proyek ke 2 ini bertema kewirausahaan yang diimplementasikan dalam bentuk bazar.

Adapun rangkaian kegiatan dibuka pada Selasa, 20 Desember 2022 bersamaan dengan kegiatan Kompetisi Mata Pelajaran dan Festival Seni (Kitfess) yang diikuti oleh SMP-MTs se Malang Raya. Kemudian di hari kedua pelaksanaan bazar ini bersamaan dengan penerimaan raport sehingga kegiatan ini juga menjadi ajang unjuk kerja di depan wali siswa yang hadir dalam pengambilan raport tersebut. Dan puncaknya, di hari ketiga bazar siswa kelas X ini bersamaan dengan event akbar  ulang tahun madrasah yang lebih dikenal dengan kegiatan Aradhana Buntara MAN 1 Malang (Aratama).

Bazar dalam implementasi proyek 2 ini bertemakan nusantara. Jadi, setiap kelas menjual makanan khas dari daerah masing-masing yang mereka dapatkan saat diundi pada persiapan pelaksanaan proyek 2.

Selain sebagai bagian dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, pelaksanaan bazar ini juga bertujuan memberikan kesempatan kepada para siswa untuk belajar menjadi pelaku usaha. Siswa juga diajak jadi penggerak roda perekonomian dalam lingkup kecil, mengasah jiwa entrepreneurship, mengajarkan sikap jujur, kreatif, kerja sama, tanggung jawab, serta pantang menyerah. Kegiatan ini bukan hanya sebagai ajang mengimplementasikan ilmu produksi, ekonomi dan kewirausahaan dari pembelajaran di kelas, tetapi juga sebagai ajang kompetisi antar kelas untuk menampilkan produk dan desain terbaik. Kepala MAN 1 Malang, Dr. Khairul Anam, M. Ag., menyatakan para siswa sangat antusias untuk menampilkan hasil karya yang terbaik. Mereka menyiapkan stand bazar dan menu makanan dengan penuh kreativitas serta semangat tinggi diiringi dengan upaya persuasif untuk menarik konsumen.(en*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *