Madrasah Riset

Madrasah Riset

Secara sederhana Madrasah Berbasis Riset adalah madrasah yang berhasil mengembangkan tradisi akademik berbasis riset dan menghasilkan temuan riset yang bermanfaat untuk pengembangan khazanah IPTEK yang dilakukan oleh guru atau siswa madrasah.

Pada tataran pelaksanaannya ada perbedaan mendasar antara Madrasah Berbasis Riset dengan Madrasah Riset. Madrasah Berbasis Riset adalah konsep pengembangan madrasah yang didasarkan pada hasil riset, baik yang dikembangkan oleh madrasah ataupun lembaga di luar madrasah. Pada madrasah Berbasis Riset ini, guru dan pimpinan madrasah merupakan motor utama penggerak kegaiatan penelitian dalam upaya pengembangan kualitas pendidikan di madrasah.

Sementara itu, pada madrasah riset, motor utama penelitian terletak pada siswa, di mana siswa mengembangkan keilmuannya melalui penelitian-penelitian sains dan teknologi sederhana.

Dengannya baik konsep Madrasah Berbasis Riset maupun Madrasah Riset, keduanya memiliki ruh yang sama, yaitu membudayakan penelitian di lingkungan madrasah. Oleh karena itu keduanya dapat berjalan seiring, selaras dan seimbang.

Sekarang, faktor terpenting dalam menciptakan Madrasah Berbasis Riset atau Madrasah Riset adalah dengan mengembangkan kurikulum yang berbasis riset, tentu di dalam komponen yang ada di dalamnya meliputi visi, misi dan tujuan yang berorientasi pada penanamam tradisi riset. Menyusun rencana strategis yang mengarah pada penelitian-penelitian ilmiah. menyiapkan fasilitas, sarana dan prasarana yang memadai serta menyiapkan tenaga pendidik yang professional yang berkompeten di bidang riset.