Membanggakan, MAN 1 Malang Launching Empat Program Inovasi dalam Satu Waktu

Saat  ini, Indonesia tengah memasuki fenomena kependudukan yang disebut dengan bonus demografi. Bonus demografi merupakan keadaan dimana saat jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) prosentasenya lebih dari 50% dibandingkan dengan jumlah penduduk usia non produktif (0-14 tahun dan >65 tahun). Pemerintah berusaha menekan angka tersebut dengan beberapa upaya. Salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi masalah bonus demografi ini adalah dengan adanya program Sekolah Siaga Kependudukan (SSK).

“SSK merupakan sebuah terobosan pemerintah untuk menciptakan generasi yang memahami betul bagaimana memersiapkan pernikahan dengan matang dan menghindari pernikahan usia dini. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi guru dan peserta didik MAN 1 Malang guna menghadapi tantangan di beberapa tahun mendatang,” ujar Bapak Dr. Khairul Anam, M. Ag., selaku Kepala MAN 1 Malang.

Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam beberapa mata pelajaran sebagai pengayaan materi pembelajaran. MAN 1 Malang ditunjuk sebagai salah satu sekolah dengan program Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) yang saat ini sudah sampai pada predikat paripurna provinsi. Dan hari ini Kamis, 24 November 2022 MAN 1 Malang melaunching Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) menuju nasional yang langsung diresmikan langsung oleh Bapak Dr. Edi Setiawan, S. Si., M. Sc., M. SE. selaku Direktur Jenderal BKKBN pusat. Melalui program inovasi ini, peserta didik MAN 1 Malang  dapat memperoleh tambahan materi mengenai pendidikan kependudukan dan keluarga berencana.

Kegiatan ini dibersamai dengan beberapa tamu kehormatan, selain Bapak Dr. Edi Setiawan, S. Si., M. Sc., M. S. E. selaku Direktur Jenderal BKKBN pusat juga ada Ibu Umi Hidayati, S. T., M. M. Koordinator Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Provinsi Jawa Timur, Ibu Aniswati Aziz, S. E., M. Si. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Malanv, Bapak Drs. Ahmad Muwassi Arif, M. Si. selaku Bapak Camat Kecamatan Gondanglegi beserta Muspika, serta Bapak Lasis selaku Kepala Desa Putat Lor. Selain launching Sekolah Siaga Kependudukan, dalam momentum akbar ini juga sekaligus meresmikan beberapa program inovasi yang ada di MAN 1 Malang. Program yang dilaunching pada hari ini adalah Madrasah Adiwiyata Nasional, Madrasah Ramah Anak, dan Madrasah Anti Bullying. Selain itu juga diadakan sarasehan bertajuk Diskusi Asik Pendidikan Kependudukan (Dak Dik Duk)  yang diikuti oleh duta Genre MAN 1 Malang dan juga perwakilan  dari beberapa SMA/MA dan SMP/MTs di Kabupaten Malang. Pemateri dalam sarasehan ini adalah Bapak Dr. Edi Setiawan, S. Si., M. Sc., M. S. E. Selaku Direktur Jenderal BKKBN pusat bersama timnya. (en*)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *