Pramatsama MAN 1 Malang

Kab. Malang (MAN 1 Malang) – MAN 1 Malang mengadakan Pramatsama pada Kamis-Jumat, 11-12 Juli 2024, di Aula Serbaguna MAN Malang. Acara ini diikuti oleh seluruh peserta didik baru tahun pelajaran 2024/2025, yang berjumlah 291 siswa. Kegiatan dimulai pukul 06.45 hingga 12.30, dengan agenda yang berfokus pada pengenalan lingkungan sekolah dan pembekalan awal bagi siswa baru.

Hari pertama Pramatsama diawali dengan perkenalan panitia OSIS-PK. Para siswa baru diperkenalkan kepada kakak-kakak OSIS-PK yang akan membimbing mereka. Selanjutnya, mereka menerima materi tentang OSIS dan PK, diikuti dengan pemaparan tata tertib sekolah yang harus dipatuhi selama mereka bersekolah di MAN 1 Malang.

Hari kedua diisi dengan berbagai materi penting. Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Bapak Pais, M.Pd., memberikan penjelasan mengenai kurikulum yang akan ditempuh. Bapak Ady Irawan, S.Pd., Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, menyampaikan materi mengenai kesiswaan, menekankan pentingnya disiplin dan partisipasi aktif. Bapak Arif dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang mengajak siswa untuk bijak dalam menggunakan media sosial, sedangkan Bapak H. Sholeh Arifin menjelaskan pentingnya sikap moderat dalam beragama untuk menciptakan keharmonisan dan kerukunan di lingkungan sekolah dan masyarakat.

Bapak Ady Irawan, S.Pd., mengatakan, “Pramatsama yang kita selenggarakan dua hari ini adalah kegiatan yang dilakukan sebelum Matsama. Kalian akan diberikan sejumlah wejangan dan persiapan agar bisa mengikuti masa ta’aruf tersebut. Kami menyuguhkan kegiatan ini agar anak-anakku peserta didik baru MAN 1 Malang bisa merasa siap untuk Matsama nanti.”

Kepala MAN 1 Malang, Bapak Ahmad Mustofa, M.Pd., menambahkan, “Saya berharap melalui Pramatsama ini, peserta didik baru dapat mengenal lingkungan sekolah dengan baik, menjalin pertemanan yang positif, dan mempersiapkan diri secara mental dan akademis untuk menghadapi tahun pelajaran yang akan datang. Semoga kalian semua bisa mencapai prestasi yang membanggakan dan menjadi generasi yang unggul serta berakhlak mulia.” (vira)

Leave a Reply